RSUD dr. R. SOEPRAPTO CEPU

rs

BIDANG ATAU BAGIAN

  1. Pelayanan Gawat Darurat

    Pelayanan IGD di RSUD dr. R. Soeprapto Cepu merupakan sistem yang terkoordinasi dan terpadu di bawah satu atap yang berfungsi untuk pemeriksaan medik, terapi siap melayani pasien selama 24 Jam.
    Dengan fasilitas gedung yang sangat memadai dan tersedianya ruang pemeriksaan untuk kasus bedah, non bedah, triase, oksigen central dan ruangan luas ber AC akan memberikan kenyamanan baik petugas maupun pasien.

    Petugas kesehatan yang tersedia di Instalasi Gawat Darurat ini terdiri dari tenaga medis (dokter umum) dan tenaga paramedis yang rata-rata pendidikan D3 Akper dan mempunyai latar belakang pendidikan ketrampilan PPGD.

    Disamping itu untuk menunjang pelayanan pasien yang mengalami kegawatan RSUD dr. Soeprapto Cepu juga menyediakan fasilitas ambulance 3 unit beserta sopirnya yang siap untuk melayani selama 24 jam.

  2. Pelayanan Rawat Jalan

    Poliklinik di RSUD dr. R. Soeprapto Cepu yang berdiri megah dibangun pada tahun 2006 dari anggaran APBN, dengan sarana yang cukup. Poliklinik RSUD dr. R. Soeprapto Cepu siap melayani kepada masyarakat setiap hari kerja dari jam buka mulai Jam 08.00 WIB sampai selesai.

    Dengan keberadaan gedung instalasi rawat jalan yang cukup, poliklinik menjadi satu atap dengan loket pendaftaran, loket pembayaran rawat jalan dan ruang tunggu yang sangat luas dengan fasilitas televisi dengan demikian dapat memberikan kenyamanan terhadap pasien yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan di poliklinik

    Untuk memberikan pelayanan dokter spesialis RSUD dr. R. Soeprapto Cepu yang sudah ada, RSUD dr. R. Soeprapto Cepu mengupayakan dokter spesialis yang belum ada untuk diadakan dengan cara kerjasama dengan dokter spesialis yang bersangkutan, rumah sakit lain dengan sistem kontrak / part time seperti saat ini yang ada adalah Dokter Spesialis Mata, Dokter Spesialis THT, Dokter Spesialis Bedah Tulang (Orthopaedi), Dokter Spesialis Radiologi,dan Dokter Spesialis Jiwa.

    Adapun pelayanan poliklinik yang saat ini ada adalah sebagai berikut :
    a.Poliklinik Penyakit Dalam
    b.Poliklinik Penyakit Telinga Hidung Tenggorokan
    c.Poliklinik Penyakit Mata
    d.Poliklinik Penyakit Gigi
    e.Poliklinik Penyakit Syaraf
    f.Poliklinik Penyakit Anak
    g.Poliklinik Penyakit Kandungan dan Kebidanan
    h.Poliklinik Konsultasi Gizi
    i.Poliklinik Bedah Umum dan Bedah Tulang (Orthopaedi)
    j.Poliklinik Jiwa
    k.Poliklinik Umum

  3. Pelayanan Rawat Inap

    Instalasi rawat inap adalah instalasi yang terdiri dari ruang perawatan spesialis diantara spesialis anak, spesialis bedah, spesialis obsgyn, spesialis penyakit dalam dan spesialis syaraf, di samping itu juga ruang perawatan rawat inap VIP.

    Rawat Inap di RSUD dr. R. Soeprapto Cepu mempunyai kapasitas tempat tidur sebanyak 158 tempat tidur yang meliputi beberapa kelas perawatan yaitu : VIP.A – VIP.B – Kelas Teladan – Kelas I – Kelas II – Kelas III.

    Sarana dan prasarana di Instalasi rawat inap di RSUD dr. R. Soeprapto Cepu untuk memberikan pelayanan yang nyaman dan memberikan kepuasan kepada pasien atau pelanggan RSUD dr. R. Soeprapto Cepu berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik dengan memberikan fasilitas ruang perawatan kelas VIP maupun kelas perawatan lainnya dengan fasilitas sebagai berikut :

    a.VIP A
    (Anggrek, Anyelir / Kebidanan) dengan memberikan fasilitas
    •Ruang tersendiri
    •1 Tempat tidur pasien dan 1 sofa penunggu
    •Kamar mandi
    •Meja dan kursi pengunjung
    •AC
    •Televisi
    b.VIP. B.
    (Anggrek, Anyelir /Kebidanan)
    •Ruang tersendiri
    •1 Tempat tidur pasien dan 1 sofa penunggu
    •Kamar mandi
    •Meja dan kursi pengunjung
    •AC
    c.VIP.C
    (Teladan).
    •Ruang tersendiri
    •1 Tempat tidur pasien
    •Kamar mandi
    •Meja dan kursi pengunjung
    •Fan / Kipas angin
    d.Kelas I
    (Ruang Mawar)
    •Ruang tersendiri
    •1 Tempat tidur pasien
    •Kipas angin / Fan
    •Kamar Mandi
    e.Kelas II
    •Ruang tersendiri
    •Digunakan untuk 2 pasien
    •Kipas Angin / Fan
    •Kamar Mandi
    f.Kelas III
    •Untuk Ruang Dahlia 1 ruang untuk 3 – 4 pasien
    •Kamar MandiRuang perawatan lainnya adalah sebagai berikut :a.Ruang Perawatan Anak / Ruang Teratai

    Instalasi ini mempunyai tugas melaksanakan pelayanan diagnosis, pengobatan, dan perawatan penderita anak. Ruang perawatan anak mempunyai4 (empat) kelas perawatan yaitu Kelas Teladan, Kelas I, Kelas II dan Kelas III.b.Ruang Penyakit Kandungan dan Kebidanan

    Instalasi ini mempunyai tugas melaksanakan pelayanan diagnosis, pengobatan, dan perawatan penyakit kandungan dan kebidanan. Ruang perawatan penyakit kandungan dan kebidanan beberapa kelas perawatan yaitu Kelas Teladan, Kelas I, Kelas II Kelas III.c.Ruang Perawatan Bedah / Ruang Wijaya Kusuma

    Instalasi ini mempunyai tugas melaksanakan pelayanan diagnosis, pengobatan, dan perawatan bedah. Ruang perawatan bedah mempunyai beberapa kelas perawatan yaitu Kelas I, Kelas II dan Kelas III.

    d.Ruang penyakit Dalam dan penyakit Syaraf

    Instalasi ini mempunyai tugas melaksanakan pelayanan diagnosis, pengobatan, dan perawatan penyakit dalam dan syaraf. Ruang perawatan dahlia merupakan gabungan perawatan penyakit dalam maupun syaraf. Ruang Mawar perawatan Kelas I dan II, sedangkan Ruang Dahlia perawatan Kelas III.

    e.Ruang Intensif (ICU)

    Instalasi ini mempunyai tugas melaksanakan pelayanan diagnosis, pengobatan, dan perawatan penyakit penderita yang mengalami kegawatan atau untuk perawatan khusus. Ruang perawatan ICU ini masih sangat sederhana sekali baik dari fasilitas ruang maupun jenis peralatan yang tersedia, namun ruang intensif masih sangat diperlukan di RSUDdr. R. Soeprapto Cepu. Untuk mendukung hal tersebut sekarang ini dalam taraf pengembangan Ruang perawatan ICU baru.

    f.Ruang Bayi (Perinatologi)
    Instalasi ini mempunyai tugas melaksanakan pelayanan diagnosis, pengobatandan perawatan penyakit bayi.

  4. Pelayanan Bedah Sentral

    Instalasi bedah sentral yang dibangun dengan anggaran APBD I tahun 2006 yang terletak di tengah RSUD dr. R. Soeprapto Cepu dengan fasilitas 2 (dua) ruang operasi mayor dan 1 (satu) ruang operasi minor, sehingga dapat melayani operasi secara bersamaan.

    Dengan tersedianya dokter spesialis bedah, dokter spesialis obsgyn, dokter spesialis bedah tulang (orthopaedi)dan dokter spesialis mata serta dengan peralatan dan tenaga yang tersedia dapat melakukan operasi bersama tanpa menunggu antrian ruang operasi.

    Pada tahun 2015 dibangun Gedung Instalasi Bedah Sentral yang baru dengan anggaran APBD Tahun 2015, yang rencananya akan difungsikan pada bulan Maret 2016.

  5. Pelayanan ICU

    Dengan gedung yang sederhana dan fasilitas peralatan yang ada berupaya untuk memberikan perawatan kepada pasien yang perlu mendapatkan perawatan khusus (kegawatan).

    Dengan sarana dan prasarana perawatan (tempat tidur yang memadai, monitor ECG, oksigen dan ruangan ber-AC, akan memberikan kenyamanan bagi pasien maupun penunggu pasien.

  6. Pelayanan Penunjang Medik

    a.Radiologi

    Instalasi Radiologi di RSUDdr. R. Soeprapto Cepu melayani 24 Jam, dengan jumlah tenaga 6 (enam) orang radiografer dan 2 (dua) orang tenaga operator, juga didukung dokter spesialis radiologi (part time).

    b.Laboratorium

    Instalasi Laboratorium di RSUDdr. R. Soeprapto Cepu siap melayani 24 jam dengan didukung tenaga kesehatan yang terdiri dari tenaga analis kesehatan sebanyak 9 (sembilan) orang.

    Adapun jenis pemeriksaan yang dilakukan sesuai dengan peralatan dan sarana yang ada meliputi pemeriksaan :

    1)Hematologi
    2)Kimia Klinik
    3)Serologi
    4)Imunologi
    5)Urinalisis
    6)Mikrobiologi
    7)Parasitologi
    8)Elektrolite
    9)Tes Narkoba<
    10)lain – lain :

    a)LCS
    b)Analisis Cairan Pleura
    c)Analisis Cairan Ascites
    d)Analisis Sperma
    e)HIV / Aids

    c.Farmasi

    Instalasi farmasi di RSUDdr. R. Soeprapto Cepu siap melayani 24 Jam dengan didukung tenaga Apoteker 4 (empat) orang dan tenaga asisten apoteker maupun tenaga kefarmasian lainnya sebanyak 6 (enam) orang.

    Sarana gedung Instalasi farmasi yang dibangun tahap awal (lantai 1) pada tahun 2007 yang kemudian dilanjutkan pembangunannya pada tahun anggaran 2008 dibangun lantai 2 yang diperuntukan gudang obat serta telah diselesaikan pada tahun 2013.

    Dengan selesainya pembangunan instalasi farmasi lantai 1 untuk pelayanan obat dan lantai 2 untuk gudang obat. Hal itu dapat memberikan kenyamanan petugas di samping itu juga untuk peningkatan pelayanan obat kepada pasien.

     

    Pelayanan obat di instalasi farmasi RSUDdr. R. Soeprapto Cepu dapat tergolong sebagai berikut :

    1)Pelayanan Farmasi Rawat Jalan
    2)Pelayanan Farmasi Rawat Inap
    3)Pelayanan Farmasi Kerjasama dengan BPJS
    d.Rehabilitasi Medik

    Instalasi Rehabilitasi Medik RSUDdr. R. Soeprapto Cepu mempunyai tugas membantu rehabilitasi pasien atau melayani fisioterapi, dengan tenaga D3 fisioterapi sebanyak 4 (empat) orang dengan jenis pemeriksaan antara lain yang terdiri dari :

    1)Latihan Fisik
    2)Aktino Terapi
    3)Electro Terapi
    4)Ches Terapi

    e.Pemeriksaan Khusus

    Dalam usaha meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mendukung penegakan diagnose klinis pasien RSUDdr. R. Soprapto Cepu juga mengeadakan pemeriksaan khusus antara lain :

    1)Pemeriksaan EKG
    2)Pemeriksaan USG
    3)Pemeriksaan Rekam Otak ( EEG / Brainmapping ).
    4)Pemeriksaan Tympanometri

    f.Pelayanan Spesialis

    Pelayanan spesialis di RSUDDr. R. Soeprapto Cepu diantaranya adalah sebagai berikut :

    1)Penyakit Dalam
    2)Penyakit Kandungan dan Kebidanan
    3)Penyakit Mata
    4)Penyakit Telinga Hidung Tenggorokan
    5)Penyakit Syaraf
    6)Penyakit Anak / Neonatus
    7)Patologi Klinik
    8)Bedah Umum
    9)Bedah Tulang (Orthopaedi)
    10) Radiologi
    11)Jiwa
    12)Penyakit Gigi

  7. Fasilitas Umum

    Di samping memberikan fasilitas untuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat maupun pengunjung, RSUD dr. R. Soeprapto Cepu juga menyediakan fasilitas umum diantaranya :
    a.Aula lengkap dengan sound system dan ruangan AC.
    b.Halaman parkir yang luas
    c.Musholla
    d.WC / Kamar mandi umum
    e.Koperasi
    f.Anjungan tunai mandiri (ATM) BRI, BNI dan Bank Jateng
    g.Kantor Kas Bank Jateng

    Fasilitas umum lainya yang tak kalah penting adalah sarana Listrik PLN = 53 KVA dan Genzet 100 KVA hal ini menunjang pelayanan apabila suatu saat dari listrik PLN mengalami pemadaman RSUD dr. R. Soeprapto Cepu masih dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.